INDAHNYA BEBATUAN KARANG RAKSASA PANTAI PENGOLONG, LOMBOK TENGAH

Berbicara tentang pantai di Lombok tentu gak akan ada habisnya. Pantai-pantai di Lombok sangat banyak dan memiliki keunikan masing-masing. Pantai Kuta dengan pasir bak merica-nya, Pantai Tanjung Ringgit dengan tebing-tebing eksotis, Pantai Semeti dengan bebatuan serupa kryptopnite. Dan selain ketiga pantai tersebut, ada juga Pantai Pengolong, pantai dengan batuan karang raksasa yang sangat menakjubkan. Nah, pada postingan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya dan teman-teman saya ketika mengunjungi Pantai Pengolong, pantai yang masih tergolong kedalam spot anti-mainstream di Lombok. Jum’at siang, saya dan 4 orang teman saya ketika itu berencana untuk jalan-jalan santai ke kawasan wisata Pantai Are Guling, Lombok Tengah. Namun, ketika tiba di Pantai Are Guling, suasana pantainya sedang tidak ‘bagus’ karena air laut sedang surut dan kami tidak bisa berenang. Akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Pantai Pengolong yang terletak tidak jauh dari Pantai Are Guling. Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar parkir sebesar 5 ribu per motor kami pun mulai menyusuri pantai dan bukit menuju arah barat dari Pantai Are Guling. Waktu itu, kami harus berjalan di atas pasir dengan suasana yang sangat terik, sehingga kami membutuhkan tenaga ekstra. Dan kulit kami pun mulai gosong. Menyusuri pantai menuju Pantai Pengolong Setelah sekian lama melewati jalanan berpasir yang panas, kini kami tiba di bawah kaki bukit. Di bawah kaki bukit ini banyak terdapat bebatuan raksasa dan suasananya pun cukup teduh. Jadi, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak dan menenggak minuman segar untuk menghilangkan rasa dahaga kami. Setelah cukup beristirahat, kami pun kemudian melanjutkan perjalanan kami. Medan yang kami lewati selanjutnya adalah jalan setapak dipinggir bukit. Jalan setapaknya cukup kecil dan di sebelah kiri kami terdapat jurang yang dipenuhi oleh bebatuan. Kami pun harus melangkah dengan hati-hati agar tidak terpeleset atau terjatuh. Dari atas jalan setapak ini, kami bisa melihat view Pantai Selatan Lombok dengan ombak yang meraung-raung. Tebing Bebatuan Pantai Pengolong View sekitar Pantai Pengolong

Setelah melewati jalan setapak, kini kami melewati medan bebatuan. Bebatuan ini sangat luas, mungkin seukuran lapangan kecil. Kami pun tak lupa mengambil beberapa foto di atas daratan yang terbentuk dari bebatuan ini. Dari tempat ini, Pantai Pengolong sudah nampak di depan mata. Kami pun semakin semangat untuk segera tiba di salah satu pantai favorit para fotografer landscape ini. Daratan Bebatuan Pantai Pengolong Pose di jalan menuju Pantai Pengolong Daratan Batu Pantai Pengolong Tak terasa, setelah berjalan sekitar 20 menitan, akhirnya kami pun tiba di Pantai Pengolong, pantai dengan bebatuan karang raksasa yang menakjubkan. Tiba di spot tujuan, kami langsung dibuat takjub dengan pemandangan yang sangat memukau. Bebatuan karang raksasa berdiri dengan kokohnya bagaikan barisan candi. Rasanya seperti berada di zaman megalitikum. Bagaikan di dunia antah-berantah. Kami berada ditengah-tengah bebatuan karang raksasa. Rasanya benar-benar menakjubkan. Batu Karang Pantai Pengolong Pose di bebatuan raksasa Pantai Pengolong Kami kemudian mulai menjelajahi setiap sudut dari Pantai Pengolong yang menakjubkan ini. Kami memanjat beberapa batu dan mengabadikan setiap sudut keindahan dari spot pantai menawanyang satu ini. Oh ya, FYI, ombak di Pantai Pengolong ini sangat ganas dan berbahaya. Jadi, kegiatan berenang sangat tidak direkomendasikan. Seperti halnya Pantai Selayar di Lombok Tengah dan Pantai Batu Dagong di Lombok Timur.  Walaupun gak bisa berenang di pantainya, Ezytravelers gak usah khawatir karena Pantai Pengolong ini merupakan spot foto yang sangat keren. Dijamin akun sosmed Ezytravelers sekalian bakal tambah keren.

Batu karang raksasa Pantai Pengolong Bebatuan raksasa Pantai Pengolong Ombak Pantai Pengolong Batu Pantai Pengolong Puas berkeliling, kami kemudian duduk santai di bawah bukit menikmati pemandangan sekitar yang begitu mempesona. Suasana menjadi semakin nikmat ketika kami menikmati bekal yang kami bawa ditemani suara deburan ombak yang bergemuruh. Sudut Pantai Pengolong Waktu semakin sore dan kami tidak sabaran untuk menunggu sunset. Well, unfortunately, waktu itu agak sedikit mendung dan berawan. Jadi, kami tidak bisa menyaksikan panorama sunset yang indah.But overall, kami sangat puas hari itu. Bisa menikmati pemandangan yang indah nan cantik bersama teman-teman. Sunset Pantai Pengolong Karena waktu semakin gelap dan kami tidak membawa alat penerangan yang memadai, dengan melewati jalur yang sama kami kemudian mulai berjalan pulang menuju Kota Mataram dengan perasaan riang gembira. Well, sekian kisah petualangan kami hari ini. Kalo Ezytravelers datang ke Lombok, maka Pantai Pengolong ini wajib dikunjungi.

 

Thanks to http://hellolombokku.com/

Alamat :

Jl Adi Sumarmo No 130 Banyuanyar,
Banjarsari
Kode Pos 57137,
Surakarta, Jawa Tengah
Email : mokaya_tour@yahoo.com
Telepon: (0271) 734800
BBM : D823A5C0
082299995010 (Mokaya Tour)
085725510234 (ADI)
082323984685 (JULIA)
085743839319 (INNEKE)

Lokasi :

Click to open a larger map

Maskapai :

Facebook